Kamis, 03 November 2011


BAB 2

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Pengertian Perusahaan           
                                     
Definisi yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu:
Perusahaan dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.”
      
       Unsur-unsur yang terdapat pada definisi di atas, antara lain :
1. Organisasi
Organisasi sebagai suatu bentuk dan hubungan yang mempunyai sifat dinamis,dalam arti dapat menyesuaikan diri kepada perubahan. Hakikatnya organisasi merupakan suatu bentuk dengan sadar diciptakan manusia untuk mencapai tujuan yang sudah diperhitungkan.Tujuannya menciptakan suasana kerja yang baik atau usaha mengadakan pembandingan sumber-sumber dan hasil terbaik organisasi sebagai suatu bentuk dan hubungan yang mempunyai sifat dinamis,dalam arti dapat menyesuaikan diri kepada perubahan
2. Produksi
Organisasi melakukan aktivitas produksi,yaitu semua usaha yang ditunjukan untuk menciptakan atau menaikan faedah(untility). Usaha-usaha produksi digolongkan kedalam :
a. Produksi Langsung
Produksi langsung merupakan usaha-usaha untuk menghasilkan atau mendapatkan barang secara langsung,ini diliputi:
·                        Produksi Primer
Produksi primer yaitu usaha-usaha untuk mendapatkan bahan-bahan atau material langsung dari alam, seperti:perikanan,pertanian,dll.
·                        Produksi Sekunder
Produksi sekunder yaitu usaha-usaha menggunakan bahan-bahan atau material untuk meningkatkan faeda atau mengolah menjadi barang lain,misalnya pembuatan kapal,gedung dan sebagainya
b. Kegiatan yang membantu produksi langsung
Terdapat kegiatan lain yang membantunya disebut produksi tersier,meliputi:perdagangan besar,perdagangan kecil,impor,ekspor dan kegiatan lainnya seperti distribusi ,perbankan ,perusahaan ,peransuransian ,penelitian pasar dan perikanan.
3. Sumber Ekonomi
4. Kebutuhan
5. Cara-cara yang menguntungkan

Tempat Kedudukan Dan Letak Perusahaan
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapai suatu tujuan.Tempat kedudukan perusahan adalah kantor pusat perusahaan tersebut,pada umumnya dipengaruhi pada faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain,seperti lembaga pemerintah,lembaga keuangan,dan pelanggan
Letak Perusahaan
Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan pabrik yang mempengaruhi faktor ekonomi terutama biaya ,faktor yang mempengaruhi biaya adalah:
a. Harga bahan mentah
b. Tingkat upah buruh
c. Tanah
d. Pajak
e. Tingkat bunga
f. Biaya alat produksi tahan lama
g. Biaya atas jasa ketiga
Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi 4 yaitu:
a. Terikat keadaan alam
b. Terikat sejarah
c. Terikat oleh pemerintah
d. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

Perusahaan dan Lembaga Sosial
Permasalahan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimun.

Tujuan pendiri perusahaan
Tujuan pendirian perusahaan:
1. Ekonomis
Ekonomis berupaya agar perusahaan dapat mempertahanankan eksistensitasnya.Dalam hal ini perusahaan berupaya menciptakan laba,pelanggan,dan menjalankan upaya-upaya perkembangan dengan memusatkan perhatian pada kebutuhan masyarakatdengan produk yang berkualiatas,harga,kuantitas,pelayanannya.
2. Social
Perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor,karyawan,penyedia,faktor-faktor produksi,maupun masyarakat luas.
Dengan kedua tujuan tersebut saling mendukung dapat mencapai tujuan utama perusahaan ,yaitu memberikan kepuasan kepada keinginan konsumen.Meskipun disadari keuntungan bukan satu-satunya tujuan perusahaan,tetapi dengan tujuan-tujuan lain hanya akan tercapai jika perusahaan mampu tetap hidup berkembang dan memperoleh keuntungan.
Cara membedakan perusahaan dengan lembaga social terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba,kelangsungan hidup,dan tanggup jawab social. Lembaga social lebih mengutamakan prioritasnya pada tanggung jawab social. Sebaliknya,pada perusahaan yang berorientasi pada perolehan keuntungan,umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan hingga mencapai maksimun.

Perusahaan sebagai suatu system

System adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi secara langsung ,maupun tidak langsung. Perusahaan adalah suatu system karena merupakan kombinasi dari sebagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu antara lain keuntungan . Dalam pelaksanaan pencapain tujuan ekonomis perusahaan,hamper selalu terjadi interaksi antara perusahaan dengan lingkungannya. Interaksi menuntut perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungannya,terutama dengan lingkungan eskternal yang pada umumnya tidak dikuasai langsung oleh perusahaan. Interaksi yang terjadi pada akhirnya akan muncul tanggung jawab social pada perusahaan kepada pihak-pihak yang berhubungan. Tanggung jawab social perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan yaitu:kepada pemilik modal dan investor,kepada lembaga penelitian,kepada pekerja,kepada konsumen/pelanggan, kepada perantara, kepada masyrakat, kepada pemerintah, kepada penyedia dan kepada pesaing.

Sifat system perusahaan

1. Komplek
2. Kesatuan unit
3. Sifatnya beragam
4. Sifat saling tergantungan
5. Sifatnya dinamis

Ciri-ciri perusahaan
1. Hak pemilikan kekayaan pribadi.
2. Insentif untuk laba.
3. Peluang untuk bersaing.
4. Kebebasan memilih dan melakukan kontak.
5. Operatif
6. Koordinatif
7. Regular
8. Dinamis
9. Formal
10. Lokasi
11. Pelayanan bersyarat.

Karakteristik Perusahaan

1. Spesialisasi
2. Saling Tergantung
3. Produksi Massa

Pengaruh lingkungan terhadap perusahaan

Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Saat ini, masyarakat menuntut kepada perusahaan-perusahaan untuk mengemban tanggung jawab seperti itu lebih besar dari sebelumnya. Penentuan seberapa jauh perusahaan harus mengarah kepada tujuan-tujuan sosial yang mungkin dapat bertentangan dengan tujuan-tujuan ekonomi, jelas dapat menimbulkan dilema. Istilah tanggung jawab sosial menunjukan pertimbangan manejemen tentang pengaruh-pengaruh sosial disamping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusannya.

Pengertian lingkungan perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan itu adalah luas dan banyak ragamnya,termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, dan ekologi dan sebagainya.

Perusahaan dalam masyarakat yang pluralistic

Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dalam masyarakat pluralistik terdapat banyak pusat kekuatan masing-masing mempunyai sifat mandiri.Berbagai kelompok tersebut dapat menyebarkan kekuatan dan mencegah terjadinya pemusatankekuatan pada satu segmen masyarakat saja.Hubungan-hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling memberi melalui kompromi,bukannya dengan pemaksaan .Dalam hal ini,pluralisme mencerminkan uasaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Macam-macam lingkungan dan pengaruh dalam perusahaan.

1. lingkungan fisik,energi,dan konservasi
Salah satu masalah yang sangat sulit diatas dan memerlukan biaya besar adalah berkaitan dengan lingkungan fisik. Beberapa kota di Indonesia.seperti Jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besarnya populasi udara dan air bahkan beberapa bagian kota lainnya yang begitu besar juga dirasakan sebagai pencemaran air tanah karena kondisi pemukimannya yang sangat banyak serta pembuangan limbah terlalu dekat dengan sumber air dan pengembangan energi nuklir sebagai sumber tenaga di Indonesia yang sedang dalam penelitian harus diperhatikan secara sesame.

2. lingkungan perekonomian dan perpajakan
Lingkungan ini banyak pengaruh dalam perusahaan karena perpajakan diwajibkan bagi semua penduduk Indonesia untuk membayarnya agar dinegara kita tetap maju dan rakyat yang semakin bertambah banyak dan rakyat miskin bisa mendapatkan bantuan maka dibuatlah pajak dan seluruhnya harus membayar dengan rutin.

3. lingkungan hukum
kebiasaan-kebiasaan,tradisi ,peraturan-peraturan ,konsitusi dan keputusan-keputasan suatu lembaga merupakan sumber darin sistem hukum yang berlaku.Kegiatan perusahaan berada didalam suatu kerangka hukum ,sehingga faktor hukum ini mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi -transaksi dalam perusahaan.
manajer perusahaan harus mengambil kebijaksanaan yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.disamping itu juga perlu pertimbangan besarnya keuntungan yang dapat dan resiko yang akan menghadapinya.


4. lingkungan pemerintahan
ditunjukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.Hubungan ini menimbulkan berbagai macam kelompok kegiatan usaha dan akan berpengaruh terhadap perubahan sumber-sumber yang harus digunakan .ini didasarkan pada suatu anggapan bahwa seluruh biaya dari sumber tersebut akan dikeluarkan,termasuq biaya tenaga kerja atas penggunaan tenaganya,bunga atau kepada investor atas penggunaan kapitalnya dan sterusnya.
5. lingkungan internasional
lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian didunia .keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional.beberapa negara maju seperti amerika,jepang memegang peranan penting dalam perekonomian dunia .kekuatan ekonomi negara tersebut didukung oleh kegiatan dari perusahaan raksasa yang ada ,yang membuat kegiatan sebagai perusahaan multinasional.mereka juga melayani konsumen dari seluru dunia.

Perusahaan dan Lingkungan Fisik
1. Makin terpusatnya penduduk
2. Perkembangan tekhnologi
3. Meningkatnya kemakmuran ekonomi

Faktor-faktor Iklim Bisnis
1.Investasi
2.Tabungan
3.Pemerintahan

Masalah-masalah dalam Bisnis
1. inflasi
2. pengangguran
3. produktivitas


SUMBER
5. http://deshafa.blogspot.com/2011/01/pengantar-bisnis-bab-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar